LSP Pariwisata Archipelago Verifikasi Tempat Uji Kompetensi di AKPARNAS

JAKARTA – Akademi Pariwisata Nasional (AKPARNAS) Universitas Nasional (UNAS) kedatangan kunjungan dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pariwisata Archipelago, pada Rabu (16/05). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka verifikasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) di lingkungan AKPARNAS guna mencetak lulusan perhotelan yang bersertifikasi profesi.

Dalam melakukan tinjauan lokasi, Verifikator TUK LSP Pariwisata Archipelago, Andri Surawijaya mengatakan bahwa dalam melakukan survei, fasilitas-fasilitas yang ada harus dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan. Menurutnya, standar tersebut harus mencukupi  agar dapat memfasilitasi mahasiswa yang memang berkualitas.

“Ada beberapa poin penting dan catatan yang harus dipertahankan, seperti kelengkapan fasilitas, kebersihan,  yang terpenting semuanya memenuhi standar yang ada. Sejauh ini saya lihat sudah baik namun tetap AKPARNAS harus selalu menjaga eksistensi mengingat jurusan perhotelan dan pariwisata kini sedang booming dan menjadi minat yang tinggi dikalangan calon mahasiswa,” ujarnya.

Dalam hal ini, Andri melakukan peninjauan secara detail dan memberikan penilaian di lembar verifikasi terhadap fasilitas-fasilitas AKPARNAS yang telah dikunjungi. Adapun fasilitas dan laboratorium AKPARNAS yang dilakukan survei diantaranya model room, front office, restaurant and bar, food & beverages, dan kitchen and pastry.

Sementara itu,    Wakil Direktur AKPARNAS, Jodi Cahyo Sriyono, S.E., MM., mengatakan, AKPARNAS telah mempersiapkan semua fasilitas tersebut dari jauh-jauh hari demi terpilihnya menjadi bagian TUK. Ia berharap dengan dijadikannya TUK di AKPARNAS dapat menjadi nilai tambah bagi kemajuan AKPARNAS kedepannya.

“Kami para dosen tentu saja berharap yang terbaik dari hasil verifikasi ini supaya AKPARNAS bisa berkembang terus kedepannya. Tentu saja yang kami lakukan juga demi mempermudah mahasiswa untuk mencari pekerjaan, karena sertifikasi profesi tersebut menjadi bukti bahwa mereka memang betul ahli dalam bidangnya,” imbuh Jodi dalam sambutannya di ruang rapat dosen AKPARNAS, Blok III Lantai I.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Unit Penjaminan Mutu AKPARNAS, B. Syarifuddin Latif, S.H., M.H., Studi Pelatihan dan Pengembangan  Pariwisata, Ardi Mularsari, S.Pd.,a M.Pd., Kepala Laboratorium, Dra. Nindianing P Asri M.Par., dan Drs. Hartono Singgih, M.M., Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat AKPARNAS, Anisa Putri K, SST.Par., MM., dan Iyan Supiyan, S.E., MM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.